0



Setidaknya 107 orang tewas dan lebih dari 230 orang terluka ketika derek runtuh di kota suci Muslim, Mekkah di Arab Saudi.

A crane collapsed killing dozens, Friday, Sept. 11,
image:usatoday.com


Crane merah besar menabrak bagian dari Masjidil Haram - yang terbesar di dunia - yang dipenuhi dengan jamaah pada saat itu. Kepala pertahanan sipil Arab Saudi mengatakan angin kencang dan hujan lebat telah menyebabkan keruntuhan.  Mekkah saat ini sedang mempersiapkan untuk tahunan Muslim ibadah haji.

Ratusan ribu orang diperkirakan akan tiba di kota Saudi dari seluruh dunia akhir bulan ini. Peristiwa runtuhnya crane terjadi pada 17:23 waktu setempat (14:23 WIB), kata Direktur Jenderal Otoritas Pertahanan Sipil Saudi, Lt Sulaiman Bin-Abdullah al-Amr.

Itu terjadi pada saat banyak jamaah berada di sana untuk salat Jumat.
Korban meninggal dan terluka terus meningkat sepanjang malam. Sesaat sebelum kecelakaan itu, curah hujan dan angin hingga 83kph (50mph), kata Letnan Amr.

Sebuah video yang diposting di YouTube, yang tidak bisa diverifikasi secara independen, muncul untuk merekam momen derek jatuh, dengan kecelakaan keras terdengar di latar belakang diikuti oleh suara orang panik dan berteriak. Di Twitter  juga beredar gambar yang menunjukkan banyak badan dan darah di lantai masjid.

Mekkah sedang mempersiapkan untuk menyambut Muslim dari seluruh dunia untuk haji tahunan, yang dimulai dalam waktu sekitar 10 hari. Islam mewajibkan setiap muslim mampu melakukannya melakukan ziarah ke situs setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka.

Pemerintah Saudi mulai memperluas area masjid sejak tahun lalu  yang mencapai 400.000 meter persegi (4,3 juta kaki persegi), untuk memungkinkan menampung hingga 2,2 juta orang sekaligus. Lebih dari tiga juta orang melakukan haji ke Mekah pada tahun 2012. Pemerintah Saudi telah mengambil langkah-langkah sejak 2013 untuk membatasi jumlah orang yang terlibat.

sumber: bbc.com

Post a Comment

 
Top