1

Sekarang itu jaman eksistensi, jaman tunjuk diri. seolah-olah slogan hidupnya "Selfi tandi eksis diri" fenomena apapun dimanapun kapanpun digunakan selfi, meskipun fotonya hanya sekedar menghias dinding fb, nyetatus di twitter atau nampang di IG. Boleh saja sih itu pilihan, tapi jangan sampai niatnya eksis tapi bikin nangis. 
Terlebih fenomena gerhana matahari total (GMT) yang terjadi setiap sekian tahun sekali, bagi kaum selfi ini kesempatan emas untuk mengenang momen indah itu. tapi awas! awas! kalau tidak mawas diri dan hati-hati kita bisa menangis tiada henti. bila mau berslfie ria ikuti tips dari  tekno.liputan6.com ini
1. Saat foto, jangan lihat gerhana dengan mata telanjang
Ketika gerhana matahari total sedang berlangsung, jangan lihat sinar gerhana secara langsung. Mungkin Anda memang tidak merasakan mata Anda sakit pada saat itu. Akan tetapi, Anda akan merasakan dampaknya di beberapa hari kemudian.

Efek sinar matahari dapat membakar titik pusat di bagian retina dan memberikan efek 'after image'. Hal ini sangat berbahaya dan membuat Anda kesulitan untuk melihat sekitar.

Hal ini juga diperkuat oleh salah satu data yang dilaporkan Rumah Sakit Mata Moorfields, Inggris, di mana jumlah pasien dengan kerusakan mata setelah gerhana matahari di 1999 meningkat pada Jumat, 20 Maret 2015.

2. Jangan lupa gunakan kacamata pelindung
Kacamata pelindung gerhana matahari total akan melindungi Anda dari sinar ultraviolet dan sinar infrared yang berbahaya. Dengan mengenakan kacamata pelindung, setidaknya Anda bisa melihat sinar gerhana secara aman dan dapat mengambil foto dari gerhana tersebut.

Disarankan untuk menggunakan kacamata pelindung dengan sertifikasi 'CE-Approved'. Usahakan juga jangan menggunakan kacamata gelap yang biasa, karena kacamata tersebut tidak akan bisa melindungi mata Anda dari sinar gerhana.

3. Lihat gerhana lewat kamera atau smartphone

Bingung bagaimana cara mengambil foto gerhana matahari secara aman? Simak tipsnya berikut ini.

Berhati-hatilah ketika Anda mencoba untuk melihat gerhana. Sinar gerhana tetap akan 'membakar' mata Anda ketika mencoba mengabadikan momen tersebut, tetap gunakan kacamata pelindung ketika Anda sedang mengambil foto gerhana.

Jika Anda mengenakan kacamata pelindung, coba lihat gerhana yang akan Anda ambil fotonya lewat layar kamera atau smartphone Anda, setidaknya hal ini dapat melindungi mata Anda dari sinar gerhana.


4. Boleh selfie membelakangi gerhana

Semua orang pasti dapat melakukan selfie kapan pun dan di mana pun, tetapi pada saat momen gerhana matahari total, sangat dianjurkan untuk tidak melakukan foto selfie bersama teman-teman di depan gerhana matahari secara langsung.

Jika Anda ingin tetap mengabadikan diri Anda dengan momen gerhana matahari total, setidaknya coba lakukan selfie dengan membelakangi gerhana.

Hasilnya memang tidak akan terlihat secara jelas karena wajah Anda akan terkena backlight dan menjadi gelap. Namun akan menghasilkan efek foto silhouette yang membelakangi sinar gerhana matahari.

5. Gunakan Lensa 'Astrosolar'

Untuk menghindari silaunya sinar gerhana matahari yang begitu intens, ada baiknya Anda melindungi kamera dengan lensa astrosolar.

Lensa ini dapat melindungi kamera Anda dengan mengurangi sinar yang datang ke kamera dan tentunya dapat mempertajam image gerhana matahari yang Anda abadikan lewat kamera.



Post a Comment

 
Top