0
Pengen rasanya dan ngiri melihat kemajuan pendidikan bangsa-bangsa tetangga.Caranya? kalau bisa ya studi banding, datang langsung kesana ke negeri Kanguru. He.he. kalau berangkat sendiri kurang sangu, kalau berangkat dari pemerintah tidak ada programnya. ya sudah,,,, studi banding dari buku saja.

Long week end kmarin saya sempatkan melahap buku yang berjudul "Sekolah Asyik, Inspirasi dari negeri Kanguru" buku itu bercerita tentang pendidikan dasar di Australia (saya fokus baca pendidikan SD), yang ditulis oleh putra-putri Indonesia yang dapat tugas belajar disana, dan menyempatkan menyekolahkan anaknya disana. berikut beberapa catatan yang saya dapatkan.

Mereka menekankan pentingnya pintar pelajaran saat SMP dan SMA. di SD mereka hanya diajarkan bagaimana konsep belajar yang baik bukan pada isi atau pebguasaan materi pelajaran.
Orang yang akan melanjutkan ke PT harus punya nilai yg baik sejak 1 SMP - 3 SMA. jangan sampai nilai turun ke bawah nilai
Menulis dan membaca adalah kemampuan dasar yg harus dimiliki anak anak sehingga mereka terlatih untyk berfikir kritis sejak dini.
membaca diwajibkan setiap hari, agar bisa menulis. anak diberi kesempatan untuk menyampaikan gagasannya dari apa yg ia baca yg kemudiab dituangkan dalam tulisan. (83-84)

Celebration Night: kegiatan rutin akhir semester saat orangtua guru siswa bersama2 menikmati sajian dari partisipasi dan kreativitas siswa. berupa tanpilan karya karya terbaik siswa. hasil karya selama satu semester dipamerkan di kelas masing2 (81)
presentasi proyek. diwajibkan di  setiap semester (kelas 3 dst) berupa presentasi, poster, pamflet, model dst. temanya menyesuaikan (85)
musik pagi (sdah dijalankan) tambhanya ada lagu saat istrahat (94)

Program Buddy (pendamping)
program pendampingan untuk anak kelas awal diawal masuk untuk mngenalkan sekolah delama 30mnitan.
selama setahun kakak buddy menemani adik kelasnya belajar mngenal sekolah menemani ketika istrahat dan mnemani saat membutuhkan bantuan.
tujuan mengajarkan tanggung jawab,  sabar dan menghindari bully siswa awal (149-150)

Budaya literasi (158)
siswa dari mulai kelas 1 sampai kelas 6 memiliki kebiasaan yang sama dalam kedisiplinan membaca yaitu 30 mnit di awal masuk dam 30 mnit sblum berakhir pembelajaran.
siswa juga diwajibkan membaca di rumah sebelum tidur dan diberi buku monitoring membaca yang berisi buku yg dibaca, komentarnya ttd guru dan ortu.
bagi yg menyelesaikn bacaan dlm wakru tertentu ada penghargaa  dari srkolah (158)

Program DEAR (drop everything and read) program hariam 15-30 menit sebelum masuk dan pulang.  dimana orangtua meninggalkan semua kesibukanya untuk bergabung dalam kelas untuk mendengarkn anaknya  atau bersama2 membaca buku (164)
di kelas prep PR anak2 adalah membaca buku dan orangtua mendampinginya. bisa jadi dibaca sebelum tidur dengan istilah "bedtime story" (173)
program children book week, kegiatan berupa parade kostum karakter buku bacaan. karakter apapun yang penting bukunya sdah di baca (174)

Rapor Tanpa Angka
Dalam setahun melalui 4 term. setiap term berjalan 9-11 minggu dengan libur 2 minggu kecuali term ke2 dan 4 liburnya 6 minggu. ditrm 2 & 4 itulah rapor dibagikan.
ada 2 bagian besar model rapornya a. profil performa siswa (bmd blm ada)  b. rapor deslripsi kualitatif (hampir sama bmd)
untuk rangking sama sekali tdak ada baik lisan maupun tertulis. tetapi ada PRINCIPAL AWARD, yg diberikan kepada 5 anak dalam setiap kelasnya berupa stiker yg ditempel d rapor. dengan dasar capaian, usaha, perilaku d akademiknya. (210)
selaim kedua rapor diatas ada juga rapor NAPLAN. Rapor laporan CALISTUNG dalam rerata nasional dan posisi capaian individu. (211)

SISTEM KOMUNIKASI ORTU  GURU
dari bbrapa hlman yang saya baca komunikasi ortu d guru melalui buku komnikasi, selebaran atau email (kyknya gak ada yg pke WA atau SMS) (190)
komunikasi lisan (konsultasi)
three way confrence pertemuan  (guru-anak-ortu) dalam waktu 10 menit setelah bbrapa hari menerima rapor yg dikirim k rumah.
ada juga pertmuan parebt-teacher interview (jadi 2x konsultasi dalam setahun) (214)


Post a Comment

 
Top